Booming E-Commerce Indonesia pada tahun 2013

Sudah siapkah anda jadi pemain atau penonton perkembangan pesat e-commerce Indonesia?

Dot.com lokal yang berkumpul di #startuplokal

Bagaimanakah perkembangan startup/perusahaan dot.com lokal, sudah sebanyak dan sebesar apa mereka?

Sensasi belanja baju tanpa ruang ganti

Mencoba baju di butik tanpa ruang ganti? hanya bisa dilakukan di depan cermin....

memimpikan indonesia sebagai pioner e-commerce

Masih banyak PR yang harus diselesaikan dan masih banyak hambatan, namun peluang dan prospek terbuka lebar, jika ekosistem e-commerce Indonesia menjadi sempurna

Friday, January 25, 2013

Daily Deals, apakah akan tetap bertahan?

       Sebelumnya apakabar semuanya? salam semangat 2013, setelah lama tak tulis menulis lagi akhirnya sekarang ada kesempatan menyapa pembaca setia blog saya ini :). Semoga di tahun yang baru ini, kita lebih semnagat dan pantang menyerah menggapai mimpi-mimpi kita yang sudah kita catat di buku resolusi. Anyway, berbicara tentang e-commerce, salahsatu bidang kesenangan saya, banyak sekali cabang-cabang bisnis yang diciptakan dari perdagangan maya. Bisa dibilang B2B,B2C, C2C, lelang online, sampai daily deals yang baru booming beberapa waktu ini membuat e-commerce menjadi ladang bisnis yang menjanjikan. Bagaimana tidak? cukup membuat website tidak harus membuat gedung megah untuk mendisplay barang dagangan, toko buka 24 jam, akses marketing keseluruh dunia. 
         Salahsatu bisnis berlabel e-commerce yaitu daily deals sedang mengalami masa naik daun di Indonesia. Pemain Daily Deals saat ini yang tercatat di situs Dskon.com sudah mencapai lebih dari 20 buah. Tidak semuanya pemain lokal, namun pemain asing yang berhasil mengakuisi perusahaan lokal ikut mengambil ceruk bisnis ini. Memang sepertinya bisnis ini sangat menguntungkan, karena "lebih jelas" memberikan benefit ke konsumen, yaitu diskon yang gila-gilaan sampai 70% bahkan gratis dari sebuah produk/jasa yang ditawarkan merchant yang bekerjasama dengan perusahaan Daily Delas tersebut. Bisnis ini sebernarnya cukup sederhana, hanya menawarkan diskon dalam rentang waktu tertentu biasanya dalam hitungan hari sesuai kesepakatan antara perusahaan dengan merchant. Lalu konsumen dapat memilih produk sesuai dengan ketertarikan atau kebutuhan masing-masing. Namun biasanya ada syarat tersendiri bahwa suatu "deals" bisa tereksekusi untuk dijalankan sampai masa rentang penawaran habis. Misal, produk A bisa tereksekusi jika sudah mencapai 10 orang yang memilih "deals" tersebut. 
     Bisnis ini memang berkembang pesat, salahsatu CEO dari Daily Deals yang beroperasi di Jogja mengungkapan bahwa penghasilan mereka dalam satu bulan dapat mencapai 50 juta. Mereka hanya memperkejakan beberapa karyawan yang masih berstatus mahasiswa. Ini hitungan dari sebuah perusahaan kecil, belum yang berlabel seperti Living Social, atau Disdus pasti bisa berkali-kali lipat dari nominal tersebut.
Respon dari konsumen juga cukup tinggi karena penawaran dari Daily Delas yang cukup membuat mata dan kantong konsumen terbuka lebar. Diskon yang diumbar sangat fantastis, siapa yang tidak mau?
        Namun dari kesemua fenomena tersebut, apakah Daily Deals akan tetap bertahan? Bisnis selalu bersifat dinamis dari waktu ke waktu dan memaksa pemilik bisnis untuk kuat bertahan dan kreatif dalam mempertahankan bisnisnya. Begitu juga Daily Deals, pada saat ini memang bisa hanya sekedar menawarkan diskon dengan harga fantastis, namun konsumen juga lebih pintar dalam menetapkan keputusan. Semakin banyak pemain, konsumen akan semakin banyak peluang dalam memilih produk, bukan hanya peluang namun kebingungan dalam memilih juga pasti akan hinggap di dalam benak konsumen. Perusahaan harus dapat mengerti kebutuhan konsumen atau bahkan "memaksa" konsumen untuk memilih produk kita seperti yang dilakukan perusahaan Apple saat itu. Memberikan pelayanan yang prima dalam arti pelayanan yang customer oriented wajib dilakukan, kalau perlu memang customer service 24 jam tersedia di channel website anda. Diversifikasi produk jika perlu dilakukan jangan segan-segan melakukannya, karena ini bisa jadi daya tarik tersendiri dari perusahaan anda, kalau bisa diversifikasi yang terkait dengan Daily Deals terlebih dahulu sebelum keluar dari pakem bisnis yang telah anda lakukan. Modifikasi website anda agar lebih nyaman dan aman, pastikan menggunakan jasa kriptografi agar selalu aman terlindungi dari serangan hacker. Fasilitas lebih ditingkatkan seperti payment online yang bergama, tidak hanya transfer ATM namun bisa via credit card bahkan mungkin COD (cash on Delivery). Kreatif dalam memberikan nilai tambah kepada konsumen, bisa jadi memberikan misal website dibuat berbasis GPS, jadi konsumen akan dengan sangat mudah menemukan restoran terdekat rumah yang sedang mengumbar diskon melalui perusahaan Daily Deals. Atau memberikan voucher, point reward, atau hadiah langsung rutin kepada konsumen agar lebih tertarik memencet tombol enter untuk "Deals" yang ditawarkan.
       Kedepannya menurut prediksi saya, Daily Deals akan tetap berkembang dan tetap menjanjikan namun persaingan akan begitu ketat sehingga akan muncul banyak perusahaan dengan konsep modifikasi Daily Deals, jadi bukan Daily Deals murni seperti yang Groupon pertama kali tawarkan sekitar 5 tahun lalu. Dan nanti akan lebih banyak Daily Deals yang dia based on local/ city atau fokus pada produk tertentu bukan produk keroyokan tanpa spesifikasi khusus yang sekarang ini banyak dilakukan perusahaan Daily Deals. Tetap semangat menginspirasi dan memajukan e-commerce Indonesia!!!!
baca artiket terkait lainnya : social commerce?

note : jika ingin menyadur sebagian atau secara keseluruhan bagian artikel ini dipersilahkan namun harap mencantumkan nama saya (astawama) dan link blog saya. Terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

List rekomendasi