Monday, November 15, 2010

5 Masalah yang sering muncul di web e-commerce

Situs e-commerce memang menawarkan banyak keuntungan dalam menaikkan omset penjualan. Tapi banyak situs e-commerce yang gagal menggapai banyak pelanggan karena mereka (admin) lalai pada hal yang membuat pelanggan tidak betah, situs yang rumit, dan akhirnya lari menuju situs lain yang lebih user friendly. 
Sebenarnya ada beberapa bagian yang harus diperhatikan dan disesuaikan agar web tersebut benar-benar mumpuni.
Ini 5 diantaranya masalah yang muncul,
1. Waktu costumer yang terbuang percuma. Waktu adalah hal utama seorang pelanggan dalam berbelanja online. Karena mereka juga meyakini kalau belanja online harusnya lebih cepat. Tetapi banyak ditemui web e-commerce sangat lambat dalam me load halamannya, dikarenakan halaman yang memuat banyak konten. Sehingga banyak pengunjung yang merasa lama dan frustasi dengan web tersebut yang pada akhirnya mereka kabur ke situs lain. Checkout process juga jangan berbelit-belit. Jangan pernah memberikan langkah yang sekiranya tidak perlu karena costumer membutuhkan proses yang cepat dan klik yang sedikit mungkin. Checkout process seperti amazon.com mungkin bisa jadi acuan yaitu 1-click.
2. Tidak kompatibel dengan semua jenis browser. Ini sangat rawan sekali karena jika web gagal masuk ke browser tertentu maka itu akan mengurangi potensi dan membuat web anda tidak valid dimata pengunjung.
3. Desain web yang tidak baik. Ini masalah klasik bahwa web harus memiliki desain yang baik dalam arti terorganisir dengan baik, proses ke proses yang tidak membutuhkan waktu yang lama serta customer yang harus segera mungkin dapat apa yang dia inginkan. Tidak usah terlalu indah desain web nya yang penting customer merasa nyaman berlama2 di web itu dan cepat meng klik tombol checkout.
4. Tidak ada layanan after service atau kebijakan perusahaan. Ini sangat fatal, karena pelnggan butuh diperhatikan dan butuh informasi tentang produk nya secara rinci, ataupun menyangkut tentang kebijakan perusahaan. Sebaiknya perlu diperhatikan secra detail tentang point ini, agar lagi-lagi pelanggan tidak lari tunggang langgang ke situs lain.
5. Masalah keamanan. Ini juga masalah klasik yang bagi banyak customer tidak percaya sepenuhnya terhadap web itu. Memberikan informasi yang sensitif tanpa disertai keamanan data (enkripsi) dalam memprosesnya itu akan membuat kerugian di kedua belah pihak.
Nah, sebenarnya masalahnya sederhana tapi banyak pemilik web tidak memperhatikan nya. Satu yang pasti konsistensi kita dalam memberikan yang terbaik pada pelanggan, semuanya akan berjalan seperti yang kita inginkan. Tetep semangat dan tetep ciptakan web e-commerce yang user friendly :)

2 comments:

@boeding: makasih bro...., meemang niat saya untuk share tentang e-commerce, saling berbagi untuk kemajuan e-commerce indonesia :)

Post a Comment

Hai teman, gunakan nama dan URL kamu sehingga bisa saya link back lagi nanti, terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget

List rekomendasi