Saturday, September 18, 2010

E-business dan E-commerce?

Para blogger mungkin sedikit bingung dan bertanya-tanya, e-business dan e-commerce merupakan suatu hal yang sama atau tidak? Ya, sama dalam hal media perantara nya yaitu internet. Tapi kalo dilirik lebih dalam lagi, terdapat perbedaan makna dan fungsi nya. e-commerce sebenarnya merupakan salahsatu sub bagian terkecil dari e-business
E-commerce sejatinya merupakan suatu sistem untuk menangani transaksi online berupa produk dan jasa. Bisa diontohkan seperti konsumen membeli suatu barang yang diinginkan lewat suatu website berbasis e-commerce. Bisa juga ketika orang melakukan pembayaran dengan media perantara internet.
Lalu untuk e-business cakupan nya lebih luas lagi dibanding e-commerce. Semua aktivitas bisnis seperti berkomunikasi dengan pelanggan/klien, melakukan pemasaran dan promosi, bertransaksi, melakukan riset, dll. kesemuanya dilakukan melalui media online. 
Kita bisa buat contoh seperti si A melakukan pembelian laptop lewat situs e-bay, maka termasuk aktivitas e-commerce dan e-business. Sedangkan men-tag foto produk yang akan dipromosikan ke banyak teman lewat facebook itu sudah bisa dikatakan melakukan e-business.
Kalau yang belum mengerti perbedaan nya e-business dan e-commerce, orang akan menganggap ini hal yang sama, bisnis ya dagang, dagang ya bisnis. Padahal kalau dilihat dari pemaknaannya juga sudah lain, kita coba ambil contoh lagi. Biasanya ada orang bilang "eh gue ada bisnis ama dia", makna disini bisnis bukan berarti melulu sesuatu kegiatan yang menghasilkan uang secara langsung, tapi lebih luas daripada itu, mungkin bisa jadi dia melakukan bisnis tersebut untuk membantu mengerjakan tugas temannya, dan diakhir tugas mungkin akan diberi imbalan makan siang, dan lain sebagainya. Kalau dagang memang orientasinya lebih menghasilkan intreprestasi yang lebih nyata, bisa uang, cek dll. 
Jadi sama halnya dengan e-business dan e-commerce, yang mempunyai makna yang berbeda tapi masih dalam tema yang sama yaitu aktivitas ekonomi di dunia maya. (astawama's mind)

0 comments:

Post a Comment

Hai teman, gunakan nama dan URL kamu sehingga bisa saya link back lagi nanti, terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget

List rekomendasi