Wednesday, August 25, 2010

Sejarah awal e-commerce itu ada

Sudah beberapa hari tidak posting tulisan, mumpung sedikit free, sekarang saatnya untuk berkarya kembali, hehehe. Berbicara tentang e-commerce memang tidak ada habisnya, ibarat pohon mangga, buahnya panen terus tiap waktu. Beberapa posting sebelumnya, saya lebih sering memaparkan fenomena e-commerce, peranannya, dan lain sebaginya. Saat ini saya ingin bercerita sedikit seperti layaknya seorang guru,hehehe.
E-commerce lahir pada awalnya memang tak lepas dari semakin berkembangnya peran dan fungsi internet itu sendiri. Internet yang awalnya lahir sekitar akhir tahun 60 an, yang dikembangkan pertama kali oleh departemen Pertahanan Amerika, berkembang kegunaan nya menjadi semakin luas, salahsatunya yang kita sebut Electronic Fund Transfer (EFT) yang penggunaannya masih sebatas perusahaan besar dan beberapa  instansi pemerintah. 
Berkembang dari transaksi keuangan, muncullah yang dinamakan Electronic Data Processing (EDI). Metode EDI dimanfaatkan oleh banyak perusahaan, sampai perusahaan ritel, manufacturing, dan jasa ikut berperan dalam penggunaan EDI ini. Aplikasi-Aplikasi lain yang menjadi pelengkap keanekaragaman sistem e-commerce berkembang pesat seperti trading saham, pemesanan tiket online, dll. 
Pada dekade 90 an, internet menjadi ajang komersialisasi dengan mulai menjamurnya situs-situs berpaham e-commerce, yang pada saat itu pula banyak orang menggunakan istilah e-commerce untuk melakukan transaksi secara online. Amazon.com adalah salahsatu yang berhasil di sektor e-commerce. Beberapa alasan e-commerce dapat berkembang dengan pesat adalah perkembangan jaringan protokol dan software, serta tentu saja persaingan bisnis antar perusahaan yang semakin ketat, media online untuk memacu aktifitas e-commerce sangat dibutuhkan. 
Kindle 3G Wireless Reading Device, Free 3G + Wi-Fi, 6" Display, Graphite, 3G Works Globally - Latest Generation 
Di Indonesia juga tak mau kalah, tahun 1996, situs berbau e-commerce sudah mulai muncul, kita kenal www.sanur.com(sepertinya sudah ganti pemilik, setelah saya cek), walaupun masih sebatas katalog buku online. Berkembang berikutnya yaitu www.bhinneka.com, yang lebih mengedepankan service/pelayanan. Berkembang tahun 2000an seperti kaskus, tokopedia, dll. Mereka kesemuanya memiliki peranan penting bagi perkembangnya e-commerce di Indonesia. 
Bocoran informasi neh, pada waktu dekat akan luncur sebuah situs yang peruntukannya untuk social media dan e-commerce(kolaborasi keduanya). Yang dipastikan akan menjadi media yang sangat tepat untuk perdagangan online. Situs tersebut lahiir di Indonesia yang akan memberi inspirasi dan pemanfaatan banyak kepada dunia e-commerce secara global. Tunggu berita selanjutnya ya, saya akan update terus :).
(made in astawama)

3 comments:

Nice post.. e-Commerce tidak dapat seutuhnya diterapkan jika transaksi melibatkan sejumlah uang yang nilainya cukup besar/ Milyar dan Trilyun

@zona indonesia: iya pak, mungkin kata kunci nya e-commerce membuka perluasan pasar dan omset oriented, karena perdagangan offline masih punya peran penting dan saling mendukung dengan e-commerce.
salam kenal ya pak, saya pasang link anda di blog saya, makasih

wanguuuun, terus menulis untuk manfaat orang banyak

Post a Comment

Hai teman, gunakan nama dan URL kamu sehingga bisa saya link back lagi nanti, terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget

List rekomendasi