Thursday, January 12, 2012

E-commerce di negara ASEAN : Thailand (part 3)

Patung penjaga Grand Palace Bangkok
       Negara dengan identik hewan gajah ini berada di kawasan asia tenggara. Ber ibukota di Bangkok, dan mempunya puluhan propinsi (lebih banyak dibanding Indonesia), padahal wilayahnya termasuk kecil. Thailand beberapa tahun terakhir menjadi primadona pariwisata, dari ujung kota Chiang Mai sampai ujung selatan kota Krabi seluruh wilayah seperti seakan siap untuk menerima dan menjamu wisatawan asing. Memang kalau dilihat pariwisatanya hanya "itu-itu" saja, namun pemerintah sepertinya cerdas dalam mengelola nya secara komprehensif dan tidak membosankan, sehingga waktu tinggal wisatawan cukup lama disini. Bangkok, Ayuttaya, Chiang Mai, Pattaya, Phuket, Phi-phi islands, beberapa tempat wisata andalan Thailand. 
        Namun apakah gemerlapnya dunia malam tempat wisata Thailand yang dipenuhi "lady boy" nya seiring sejalan dengan sektor bisnis jasa lain nya yaitu e-commerce? Kita tengok saja....
Menurut NECTEC konsumen belanja online naik sekitar 95 di tahun 2011 lalu dari 47% menjadi 57% dari pengguna internet total hampir 20 juta penduduk Thailand (sekitar 25% dari jumlah penduduk) dari sekitar 69 juta penduduk (statistik 2010). Naiknya pun sangat signifikan dari tahun 200 sampai 2010 dalam hal pengguna internet nya. 

NECTEC Survey
       Pengguna internet yang memnafaatkan media internet sebagai ajang transaksi jual beli online  untuk 3 rating terbesar adalah buku sekitar 34,7 %, service reservation 31,3%, dan fashion 26,7 %. Ini menarik saya katakan pada prolouge artikel ini bahwa pariwisata Thailand sudah sangat profesional pengelolaanya dari hulu ke hilir sangat rapi dan efisien. Pemanfaatan internet untuk booking online tiket pesawat , booking kamar hotel sampai dengan booking atraksi wisata dan venue penting lainnya tersedia lewat internet, maka dari itu sumbangan untuk bisnis e-commerce cukup tinggi di rating kedua yaitu service reservation. 
        Menanggapi meningkatnya pengguna internet untuk shopping online, vendor-vendor e-commerce juga cukup mempermudah dalam urusan payment nya dengan menaruh opsi debit card disamping credit card yang memang belum sebanyak pemilik credit card. Group buying juga makin beragam dan bervariasi dalam menawarkan diskon heboh nya. Vendor lokal yang cukup besar seperti Lotus juga memanfaatkan momen ini untuk membuka toko online nya dalam menggaet pasar yang lebih luas. http://www.pantipmarket.com/ dan http://www.thaionlinemarket.com/ adalah salahsatu contoh group buting yang beroperasi di Thailand. 
        Dari data yang ada jika dibandingkan dengan Indonesia, marketshare nya masih besar Indonesia dengan penetrasi internet nya pun juga saat ini Indonesia lebih tinggi ketimbang Thailand. Namun tak salah juga kita harus belajar dalam hal service reservation yang cukup unggul di Thailand yang baru semnagat dalam memperbaiki performa bisnis pariwisatanya. (astawama)

 note : jika ingin menyadur sebagian atau secara keseluruhan bagian artikel ini dipersilahkan namun harap mencantumkan nama saya (astawama) dan link website saya. Terimakasih

0 comments:

Post a Comment

Hai teman, gunakan nama dan URL kamu sehingga bisa saya link back lagi nanti, terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget

List rekomendasi