Wednesday, January 7, 2009

Pesta para Marching band freak akhir tahun!




Akhirnya setelah tahun lalu aku absen jadi penggembira (kasian nya gak ikut jadi player lagi hehe), akhir tahun kmrn tepatnya tanggal 27 desember mpe 28 desember 2008, ku sempetin nonton lagi salahsatu acara terfavorit di Istora Senayan Jakarta. Apa itu??? yap...GPMB 2008 alias Grand Prix Marchingband 2008. Mungki temen2 blogger yang masih awam tentang marchingband (jangan samakan dengan drum band yak, so different) bisa deh jalan2 ke situs ini, TRENDMARCHING. OK hmm coba sedikit ngasih review ulasan GPMB 2008 kemaren.

Kita awali dengan segi peserta yang ikut. Lumayan banyak seh ada beberapa unit MarchingBand (MB) yang mengikuti event tahunan kompetisi nasional itu. Katakanlah unit yang tiap tahun gak pernah absen seperti MB UI Jakarta yang membawakan tema kocaknya "Teranspot". Lalu MB UGM sesama MB Universitas saingan nya membawakan tema Jepang (lupa nama judul penampilan nya hehe). Dari segi kualitas kedua MB Universitas tersebut bisa dikatakan sama, hanya mungkin kemaren MB UI dari Depok itu peringkatnya diatas MB UGM yaitu MB UI di nomor 4 dan MB UGM di nomor 5. Nilai point nya sangat ketat sekali bisa dilihat di sini.
Lalu kita ke luar pulau menuju Sumatra dan Kalimantan yang mempunyai beberapa Band tangguh yang menjadi macan di tiap pelaksanaan GPMB seperti MB Semen Padang dan MB Bontang PKT, sayang satu band fave ku MB BCK Duri Riau absen, mungkin karena persiapan ikut KLWMBC 2009 atau kompetisi dunia di Belanda, gak tau juga. Hmm... memang dari dulu yang namanya MB Bontang PKT selalu jadi juara 1 tiap tahun walaupun ada beberapa kali absen seh, hmm gak ada yang ngalahin PKT sampai saat ini berpredikat 7 kali juara umum, wew...!!
Dan tahun 2008 lalu juga mereka menjuarai GPMB ditempel ketat oleh MB Semen Padang yang dari tahun lalu pengen banget ngebet menang GPMB. Ada yang menarik seh dari GPMB kemaren. Gossip-gossip nya MB Semen Padang protes dengan hasil nilai karena terdapat keganjalan dari caption Display Showmanship dan ColorGuard MB Semen Padang juara 1 tapi caption General effect yang merupakan caption kesimpulan dari nilai display CG dan keseluruhannya malah dimenangkan oleh PKT,wew....bagiku rada ganjal juga seh.... Banyak dari penonton kemran memfavoritkan Semen Padang sebagai juara nya. Merak maen rapi, bagus, bersih dan heboh. Tapi ya mungkin loh ada suatu alasan tersendiri para juri memenangkan PKT sebagai juara nya, point nyapun terpaut 0,86 kalo gak salah, wew...!!! coba liat disini

OK persaingan memang sudah biasa terjadi di dalam banyak kompetisi bukan hanya di MB aja. Tapi coba kita melihat dari segi perjuangan dan nilai seni nya. Dari segi perjuangan banyak sekali MB-MB di Indonesia yang pntang-panting kekurangan SDM ataupun Dana, ini biasanya terjadi pada MB-MB Universitas yang notabene anak kuliahan dan sumber dana MB nya dai pihak rektorat. Berbeda dibandingkan dari MB Perusahaan, seperi PKT,Semen Padang,Semen Gresik, BCK Duri (Chrevon) yang kalo masalah ngeluarin duit ratusan juta sampai milyaran untuk beli alat baru atau berangkat ke GPMB bkan suatu masalah yang gede, karena mereka sokongan dana juga berasal dari keuntungan perusahaan yang teramat besar,beda dengan kalo sumber dana dari Universitas. geto bro....!!

Walaupun ada banyak kendala, tapi anak-anak MB adalah sekumpulan orang-orang kreatif dalam menciptakan suatu bentuk seni pagelaran khas Marchingband. Dari segi konsep penampilan sampai kostum dan warna flag dari ClorGuard ataupun dari kualitas aransemen music nya yang gak kalah dengan kualitas nya music orchestra (belum pernah nonton music MB sebenarnya yak??? searching di youtube aja ada banyak kok). Hmm dari GPMB 2008 kemaren, banyak kreatifitas bermunculan seperti tema "Pirates and Carribean" yang membawa replika kapal yang disusun oleh para player nya, sampai kostum juga sangat mirip sekali dengan Jhony Depp hehehe. Lalu tema "Minang" yang dibawakan oleh MB Semen Padang , mengangkat potensi budaya nya sendiri, salut banget deh. Lalu ada lagi yang mengadpsi dari film "Ice Age", "Porgy and Bess", tema "Puteri Scheherezade dari dongeng 1001 malam" dan masih banyak lagi. Secara umu event GPMB kemaren berlangsung sukses tanpa hambatan.

Yang pasti neh ya, aku selaku mantan player MB (hikz...kangen pengen maen lagi...), sangat appreciate sekali dengan dunia MarchingBand, dan ini merupakan kegiatan yang sangat positif sekali. Berharap seh dari pemerintah memberikan perhatian yang lebih kepada dunia MarchingBand di Indonesia. Supaya lebh bisa berkembang dnegan support pemerintah dan bisa mengharumkan nama bangsa karena akan banyak yang bersaing di kejuaran dunia. Saat ini hanya beberapa MB saja yang sudah mengenyam kejuaran dunia seperti MB Bontang PKT, MB BCK Duri, MB UI, CorpsPutri Tarakanita. Ya semuanya cuman satu aj seh terkendala oleh dana. Asyiknya kalao bisa seperti Band-band di Amerika sana yang dikoordinir jadi satu dan menyelenggarakan event tahunan DCI .Semoga kedepan Band-Band (marchingband loh hahaha) bisa lebih maju dan menggebrak dunia MB international. Viva MarchingBand Indonesia.
Seperti slogan yang selalu kami bawakan ketika apel latihan "V Promise , for my hounour I Promise, that I will do My Best, keep on Fighting till the end!!!!"

0 comments:

Post a Comment

Hai teman, gunakan nama dan URL kamu sehingga bisa saya link back lagi nanti, terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget

List rekomendasi