Wednesday, May 19, 2010

Mengenal Raksasa Perusahaan E-commerce Dunia (part 1)

Setelah postingan pertama saya berjudul Meramal E-commerce Indonesia di Masa Depan , belajar jadi prediktor e-commerce di Indonesia beberapa tahun kedepan menurut pandangan saya dan beberapa pemikiran yang saya temukan lewat internet, hehehe. Sekarang coba kita ulas pemain besar kelas kakap dunia yang saling menunjukkan pamor dan kekuatannya di dunia bisnis e-commerce. Amazon, E-Bay, Rakuten, dan satu pemain ritel yang membuka online shop nya yaitu Wal-Mart. Yuk,kita liat mereka satu satu, enjoy-in aja ya.
1. Amazon.com 

     Lahir dengan tangan kreatif Jeff Bezos yang mengawali karier bisnis amazon nya lewat garasi rumahnya. Tahun 1994 merupakan awal titik kebangkitan amazon beberapa dekade kedepan. Nama awal amazon adalah "Cadabra" , pada Juli 1995, Bezos terinspirasi oleh mantra penyihir abakadabra, yang diharapkan kedepan akan menyihir semua orang untuk berbelanja ke amazon.com nya. Berjalan waktu akhirnya Jeff mengganti menjadi Amazon.com, yang mempunyai filosofi agar omset penjualan nya sederas air di sungai amazon (dan memang benar adanya, hehehe). 
    Amazon mempunyai konsep awal adalah sebuah toko online menjual buku dengan harga miring yang meminimalisir pengadaan stok buku di gudang yang berguna untuk memotong biaya lain lain sehingga buku-buku tersebut bisa terjual murah dibanding buku yang dijual di toko konvensional. Persediaan yang minimal dapat dilakukan karena Amazon.com hanya menjadi perantara bagi penerbit buku dapat dipilih secara olnline dari rumah atau dari mana saja secara nyaman (konsep toko conveinience).
   Tidak hanya puas dengan menjual buku saja, Amazon meningkatkan performa nya dengan menjual jasa-jasa, sampai konsep kebun, penambahan fasilitas 1-click yang dipatenkan oleh Bezos, dan fitur fitur menarik seperti wishlist dan sebagainya yang membuat Amazon.com mempunya added value yang sangat cukup membuat betah pelanggan dan menjaring banyak pelanggan baru. Terbukti pelanggan Amazon.com bertambah dari tahun ke tahun. Pelanggan Amazon.com sebanyak 1,5 juta pelanggan di tahun 1997, menjadi 14 juta di tahun 1999 dan 25 juta tahun 2001 diseluruh dunia.
     Tahun 2009 mencatatkan pendapatan $24,5 milyar dengan pendapatan bersih sebesar $902 juta. Profit bersih Amazon ini meningkat hampir 40% sebab pada 2008 Amazon hanya mencatatkan keuntungan $645 juta dari pendapatan $19,17 milyar. Amazon sendiri memiliki karyawan sekitar 20 ribu orang. wow..!!
    Amazon juga sangat rajin mengakuisi banyak perusahaan dot.com yang masih berkembang ataupun sudah mulai kolaps, sehingga coverege area imperium bisnis nya mencakup Jerman, Kanada, Prancis, UK, sampai China dan Jepang pun dia lahap. Walaupun di Jepang terdapat pemain lokal yang menjadi pesaing Amazon yaitu Rakuten, yang di jepang sendiri, justru Rakuten menjadi nomor satu best selling and E-commerce company no1. 
    Walaupun dengan jaya dan besar nya Amazon, mereka baru mencapai titik balik modal setelah kurun waktu 10 tahunan. Sepertinya Amazon berada di jalur nya mereka sendiri dan tetap eksis ketika awal-awal berdiri banyak juga pesaing yang dengan konsep sama mengalami gulung tikar. Amazon? tidak demikian. 

2. E-Bay
  Raksasa kedua yaitu Ebay.com. Sebuah lelang online yang tetap konsisten pada jalurnya menyediakan jasa lelang secara online. Didirikan tahun 1995 oleh Pierre Omidyar. Omidyar mendirikan kelompok konsultan (Echo Bay Technology) yang memiliki situs ini. Kantor pusat Ebay berada di San Jose – surga bagi perusahaan teknologi tinggi.

   Ebay pada bulan Juni 2004, Ebay telah melarang para penjual dari penjualan alcohol dan tembakau. Ebay juga melarang para penjual untuk mengiklankan barang-barang Nazi (foto-foto, buku, dll.). Ebay berkembang menjadi sebuah perusahaan kaliber dunia dari tahun ke tahun. Apa yang dijual di E-bay sangat beragam, dan pasti ada satu dalam sehari barang aneh terjual seperti Kapal Selam bekas perang dunia 2, permen karet britney spears, rambut cristina aguilera, sebuah bungkus kosong M&Ms (seharga 400$!!!), wow..., cukup menggelikan tapi justru ini yang menjadi salahsatu kekuatan bisnis E-bay. 
   Sama seperti halnya Amazon, ebay mengibarkan bendera perusahaan-nya di beberapa negara, seperti UK, Belanda sampai Malaysia mempunyai web lokal lisensi E-bay. 
  Tahun 2009 lalu, Ebay mencatatkan keuntungan sebesar $2,3 milyar dari pendapatan $8,7 milyar. Sedangkan pada tahun 2008 mencatatkan keuntungan sebesar $1,78 milyar dari total pendapatan $8,54 milyar. Atau terjadi peningkatan 34%.  Peningkatan Ebay yang memiliki sekitar 16 ribu karyawan ini ikut dipengaruhi pertumbuhan Paypal dan Stubhub. Tahun 2010 mendatang, Ebay memperkirakan pendapatan total $8,8 milyar sampai $9,1 milyar. Masih dibawah Amazon.com yang memang masih menajdi nomor 1 di dunia e-commerce.
  Teman-teman, karena sudah malam, dan mata sudah tidak bsia berkompromi, sepertinya untuk part selanjutnya yang belum terbahas yaitu Rakuten dan Wal-Mart akan dibahas beberapa hari kedepan so, enjoy-in aj! :)
, Jangan lupa tukar pikiran di kolom komentar sangat dibolehkan, ok saya tunggu.

1 comments:

I want to thank you for the superb post!! I surely liked every bit of it. I’ve bookmarked your internet site so I can take a appear at the latest articles you post later on.
Pocket Hearing Aid

Post a Comment

Hai teman, gunakan nama dan URL kamu sehingga bisa saya link back lagi nanti, terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget

List rekomendasi