Sunday, February 13, 2011

Maraknya Toko Online di Facebook

Sudah semakin maraknya perkembangan e-commerce seperti sudah saya paparkan di artikel sebelumnya, membuat orang memikirkan cara efektif untuk mempromosikan produknya dan sekaligus menjual produknya tersebut. Bagi orang yang eksis di dunia per-coding-an dan desain web, akan terlihat lebih mudah untuk membuat sebuah web e-commerce untuk toko nya. Tetapi bagi orang yang masih sangat awam bagaimana merancang web dengan baik dan menjual, pasti akan mencari jalan lain untuk memajang produknya tersebut. Salahsatu solusi yang sekarang banyak sekali dimanfaatkan orang yaitu melalui social media yang sudah menjadi "negara" baru yaituu Facebook.

Ya, kini facebook bukan hanya bisa dimanfaatkan menjadi sebuah media networking online, tapi juga menjadi media lahan basah untuk mengembangkan e-commerce. Kalau kita sering cermati, pasti pernah akun kita di "tag" foto produk dari teman-teman kita, ya khan? nah itu sudah bisa dikatakan sebagai aktivitas e-commerce. Mulai dari produk parfum, topi, baju, sampai underwaer dipasarkan lewat toko online yang dibuat di Facebook.

Bagaimana membuat toko online di facebook? sangat mudah. Ini beberapa tips nya:
1. Opsi pertama anda bisa menggunakan akun yang sudah aktif untuk menjadi bagian toko online anda yang baru atau opsi yang kedua mungkin bisa membuat akun yang baru dan beri nama sesuai nama toko online yang akan dibuat, sehingga akan lebih fokus untuk jualan saja (kalau dari saya sarankan untuk opsi kedua).
2. Ok, after that, akun baru sudah siap, jangan lupa setting profile privasi menjadi publik sehingga semua orang bisa melihat isi akun anda, jangan di privat, karena anda akan mempromosikan produk anda bukan menjualnya secara "bawah tanah", benar begitu? :)
3. Ambil kamera digital atau handphone dan ambil gambar produk yang akan dijual. Setelah itu edit terlebih dahulu dan beri watermark tulisan nama toko online anda di masing2 foto. Cari angel-angel yang menarik sehingga produk tersebut dapat menarik perhatian calon pembeli.
4. Setelah it, upload foto-foto tersebut dan beri deskripsi masing-masing di caption area  di bawah foto. Contohnya nama produk, harga, dan diskon kalau ada.
5. Tag foto-foto tersebut ke teman--teman mu. Ada sedikit sopan santun dalam kegiatan "tag" tersebut. Terkadang ada akun yang pemiliknya tidak suka untuk dapat foto jualan dari orang lain, walaupun orang itu sudah menjadi "friends" kita. Nah mungkin bisa diakali dengan menanyakan terlebih dahulu apakah boleh numpang tag foto produk. Begitu lebih baik, tidak harus semua teman diperlakukan sama, jika teman tersebut sudah menjadi teman yang akrab dan sering keep contact, maka tidak perlu ijin "tag". Ribet ya? itu seni nya! hehehe.
6. Jangan lupa untuk online terus dan update informasi dan juga beri tawarann-tawaran menarik seperti diskon, program beli x dapat gratis y, atau mungkin program berhadiah voucher belanja, dll. Itu akan lebih membuat menarik toko online anda. Lalu bagaimana mendapatkan calon pembeli yang potensial dengan mengembangbiakan jaringan? nanti saya beritahu caranya di post-post berikutnya :) ditunggu saja.

Nah, saatnya akun facebook anda menelurkan uang. Do it now :)
Pihak Facebook sudah memiliki cara untuk menjembatani transaksi lewat Facebook dengan mengeluarkan program virtual money berupa Facebook Credits. Ini akan menjadi lebih mudah dan menarik untuk bertransaksi lewat Facebook. Lebih lengkap apa itu Facebook Credits? besok saya akan bahas lebih lengkap ya. Udah malam, laper neh ok :)

Logo dari Facebook Credits

1 comments:

Terima kasih infonya bos semoga Allah membalas kebaikan bos berlipat ganda.

Terima kasih,
http://www.the-selling.com/
situs jual kaos distro bandung, baju bandung, pakaian bandung, sepatu bandung,tas bandung,dompet bandung,sweater bandung, busana muslim bandung, baju anak, dan fashion lainnya

Post a Comment

Hai teman, gunakan nama dan URL kamu sehingga bisa saya link back lagi nanti, terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget

List rekomendasi