Friday, March 11, 2011

Apakah Jepang akan cepat pulih setelah gempa 8.4 SR dan tsunami yang melanda Shendai?

Pada hari Jumat 11 Maret 2011 siang hari, Jepang dilanda gempa dahsyat 8.4 SR, terutama di sepanjang pantai timur terkena sapuan tsunami. Korban jiwa terakhir saya tulis berita ini sebanyak 300 an korban meninggal. Kerugian fisik belum terukur, kawasan pantai timur merupakan kawasan industri otomotif seperti kawasaki dan honda, sehingga akan terkena imbas nya. 
Tapi dibalik itu semua, coba kita tengok sisi lain, yaitu recovery dan pasca gempa/tsunami. Kita tahu Jepang merupakan negara maju dan mempunyai manajerial penanganan bencana gempa/tsunami yang baik. Rakyatnya pun sudah sangat sadar dan disiplin tentang bagaimana cara mengatasi dan menyelamatkan diri jika terjadi kedua bencana tersebut. Nah yang jadi pertanyaan, apakah bisa Jepang akan cepat pulih dari kondisi yang ada sekarang? jawaban nya adalah sangat bisa.
Jepang adalah negara yang maju dan mapan ekonomi serta orang-orangnya mempunyai etos kerja yang sangat tinggi. Ini menjadi faktor yang kuat mengapa Jepang selalu bangkit cepat dari suatu masalah/bencana yang terjadi di Jepang. Kita tengok ke belakang, pada masa proteksi negara dari dunia luar dan membukanya kembali pada era restorasi meiji, mereka bisa bangkit hanya membutuhkan waktu 30 tahun menjadi negara maju. Lalu berikutnya pada saat di bom atom oleh Amerika, Jepang membuktikan bahwa membumihanguskan kota-kota penting di Jepang tidak menyurutkan mereka untuk bangkit kembali menjadi negara maju. Nah, dari fakta-fakta itu pula, Jepang akan cepat kembali pulih dari bencana gempa dan tsunami sekarang. Walaupun infrastruktur banyak yang hancur, tapi etos dan semangat kerja, otak yang cemerlang, serta kebersamaan yang kuat menjadi bekal yang sangat cukup untuk bangkit kembali. Indonesia dan rakyatnya bisa mencontoh mereka semua. Pray for Japan!

0 comments:

Post a Comment

Hai teman, gunakan nama dan URL kamu sehingga bisa saya link back lagi nanti, terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget

List rekomendasi