Saturday, May 28, 2011

Model pembayaran online yang berlaku di seluruh dunia (part2)

Setelah saya paparkan mengenai model pembayaran online di seluruh dunia (part1) , maka akan saya tambahkan beberapa model pembayaran online yang berkembang di seluruh dunia.
6. Smart Cards
    Merupakan kartu elektronik yang menggunakan chip komputer sehingga menyimpan data informasi lebih kompleks dibanding kartu-kartu biasa. Biasanya smart cards bisa dijadikan sebagai pass cards, atau sekali jalan dalam mengakses fasilitas-fasilitas seperti angkutan umum, pulsa, perbankan, retail, dll.
    Keunggulannya adalah keamanan password yang dienkripsi. karena keunikan nya ini pula smart cards bisa dijadikan solusi praktis dalam bertransaksi online. dapat dilihat contoh situs yang menyediakan smart cards di www.scia.com atau di www.smart-card.com
7. Micro-payments
    Alat bayar yang digunakan untuk transaksi mini tidak lebih dari US$10. Pada umumnya transaksi ini dipakai untuk membayar download mp3, nada dering, photo. Contoh perusahaan yang menawarkan fasilitas ini adalah www.millicent.com, mereka biasanya memiliki kemitraan strategis dengan perusahaan-perusahaan/ vendor-vendor yang terkait. www.qpass.com memfasilitasi konsumen dengan perusahaan yang mengelola koran dan majalah sehingga para konsumen dengan menggunakan tteknologi micropayment dapat berlangganan koran seperti NY Times dan Wall Street journal, sangat praktis, bisa diaplikasikan di Indonesia.
8. Online banking
    ini sepertinya sudah menjadi ha umum di Indonesia, www.klikbca.com menerapkannya, merupakan model transaksi perbankan tradisional yang dilakukan secara online atau menggunakan teknologi internet.
Kurang lebih seperti itu, bisa dipilih model pembayaran yang mana yang bisa diterapkan untuk Indonesia.

0 comments:

Post a Comment

Hai teman, gunakan nama dan URL kamu sehingga bisa saya link back lagi nanti, terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget

List rekomendasi