Thursday, July 7, 2011

Trend Tablet PC bakal menggeser komputer rumahan

          Sudah banyak iklan ISP di Indonesia yang menawarkan banyak sekali fitur paket internet. Ini menunjukkan bahwa pengguna internet mobile di negara ini sudah banyak dan trend nya akan bertambah terus. Kita harus berterima kasih kepada Android dan Blackberry karena mereka masuk ke pasar Indonesia untuk memberikan suatu budaya baru berinternet secara mobile, dan orang Indonesia mencerna nya dengan baik. Dengan kesempatan bisa online dimanapun dan kapanpun tidak harus ke warnet, ini memberi ruang gerak pertumbuhan bisnis internet skala e-commerce
 
              Temuan dari Yahoo! dan TNS menunjukkan bahwa tahun 2010 menunjukkan beberapa perubahan penting dalam perilaku penggunaan internet di Indonesia yang merupakan pasar online terbesar dengan pertumbuhan tercepat se-Asia Tenggara. Lonjakan yang dicapai sebesar 26% pengguna Internet mengakses melalui perangkat mobile, meningkat dari 22% (2009) menjadi 48% (2010). Kemajuan yang signifikan ini didorong oleh banyaknya media-media yang menyediakan layanan dan konten dalam media mobile.Facebook, twitter, YM dan situs jejaring social lain begitu mempengaruhi kehidupan bersosial masyarakat Indonesia saat ini. Pertumbuhan mobile internet user yang pesat sebanyak 70%  memberikan peluang yang sangat cerah untuk model bisnis e-commerce. Namun saat ini 60% pengguna nya masih memakai mobile internet facility untuk ber-facebook ria, hehehe this is Indonesia’s things.

              Dengan derasnya handphone merek cina yang disertai dengan fasilitas akses internet terutama jejaring sosial, memborbardir pasar handphone Indonesia menjadikan pasar penggunaan handphone berbasis internet marak di Indonesia. Penggunaan yang cukup tinggi mobile internet di Indonesia ini sangat mendukung dalam pengembangan e-commerce secara mobile nantinya. Sebuah trend yang fenomenal dimana gadget merupakan barang yang harus dimiliki tiap orang.

 

           Karena pada dasarnya arah internet user adalah mobile. smartphone yang akan menjadi primadona masyarakat netizen dan penggunaan PC akan terkikis dan terpatok hanya pada level kantor, dan sekolah. Penggunaan mobile device seperti handphone dan laptop bahkan tablet PC akan mempermudah orang dalam mengakses dan “terhubung” dengan internet kapanpun.

              Produsen perangkat lunak dan keras harus bisa menyikapi in bahwa trend saat ini dan kedepan akan lebih didominasi budaya mobile service, apalagi di level-level perkotaan, dimana kepraktisan dan kecepatan seakan menjadi harga mati dan tak bisa ditawar-tawar lagi. Kedepan pengaruh mobile device akan BESAR dalam aktivitas commerce secara mobile. Nantinya dalam perkembangan nya, mobile device ini akan mendukung perkembangan pola pemasaran online atau kita sebut new wave marketing method.(Astawama, pick from my cas scenario "Strategic Thinking" ,MM UII)

0 comments:

Post a Comment

Hai teman, gunakan nama dan URL kamu sehingga bisa saya link back lagi nanti, terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget

List rekomendasi