Friday, July 15, 2011

Hangout to mall online Indonesia

Sudah bosan nongkrong di mall-mall di kota kamu? coba beralih surfing di depan komputer ke berbagai mall online yang beroperasi di Indonesia, sudah banyak dan tinggal pilih mau belanja apa dan mau pilih toko yang mana, atau mungkin sembari belanja kamu bisa memasarkan produk buatanmu. Banyak sudah yang menggelar lapak nya secara gratis. 
Tidak ada data resmi terkait berapa banyak jumlah marketplace dan toko online mandiri, tapi diprediksi ada puluhan marketplace dan group diskon, lalu ratusan toko online mandiri. Di marketplace pun terdapat puluhan direktori usaha. 
            Fenomena berjubel nya marketplace online ini menunjukkan bahwa, pasar e-commerce di Indonesia mulai terarah. Ada pemain, ada konsumen, tinggal melengkapai struktur lain, sudah lengkaplah ekosistem yang terbentuk, sehingga pada waktu dan momentum yang tepat, e-commerce Indonesia akan tinggal landas.Seperti sudah saya paparkan di post sebelumnya tentang berkelana ke toko-toko online di Indonesia part 1 dan part 2.
Namun sebaiknya jangan penuhi terus ekosistem dengan padatnya marketplace, berlomba membuka toko-toko online tanpa didukung oleh komplementer lain seperti payment gateway, ataupun media komunikasi konsumen, atau juga aturan regulasi yang tepat,  jadinya tidak akan seimbang, dan dikhawatirkan akan terjadi marketplace bubble. Dengan makin banyaknya dan berjubelnya mall online di Indonesia akan menjadi sebuah faktor pendukung dan perangsang berkembangnya jenis-jenis usaha lain yang memanfaatkan media e-commerce. Pasti itu!
Trend perkembangan jumlah toko online dan marketplace serta vendor lain akan terus meningkat dan berpengaruh BESAR untuk membentuk ekosistem e-commerce di Indonesia menjadi sempurna.  Common hangout guys!



0 comments:

Post a Comment

Hai teman, gunakan nama dan URL kamu sehingga bisa saya link back lagi nanti, terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget

List rekomendasi