Monday, July 12, 2010

Berkelana ke toko-toko online yang beroperasi dari Indonesia (part 1)

Setelah berkenalan dengan beberapa player e-commerce tingkat dunia, seperti amazon,e-bay,dll yang bisa dibaca profile singkatnya disini ataupun disitu, hehehe. Sekarang akan saya ajak untuk mengeenal lebih dekat toko-toko online ang berkembang di Indonesia, yang sedikit banyak memberikan pengaruh terhadap perkembangan e-commerce di Indonesia.
Di tahun sebelum abad milenium (kata orang gaul bilang, hehe), sudah ada beberapa toko online yang aktif di Indonesia, dan yang dapat bertahan dan sukses sampai sekarang dari tahun berdirinya 1993 adalah bhinneka.com . Menurut saya, bhinneka.com adalah salah satu pioner dan senior dalam bidang e-commerce. Mereka bisa dikategorikan ke dalam  tipe e-commerce B2B (business to business) dan e-commerce B2C (business to costumer). Namun banyak transaksi yang terjadi adalah B2C. Bergerak di bidang penjualan perangkat elektronik maupun TI, semkin memantapkan diri sebagai "mbah" nya toko online di Indonesia. website yang interaktif dan dinamis serta menurut saya easy to understand and user friendly abiss...hehehe. Itu yang menjadikan bhinneka, sebuah web yang nyaman untuk dikunjungi dan sebgai tempat yang aman pula untuk bertransaksi. Didukung support system dari bhinneka yang costumer oriented. Fiture yang menjadi special point adalah product review dimana calon konsumen dapat menimbang-nimbang terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli dengan membaca beberapa product review nya. Fiture lainnya adalah fiture the solution yang bisa  menjadi solusi calon konsumen atas kebingungan mereka dalam memanfaatkan produk IT  ataupun elektronik. Transaksi yang terjadi perhari sudah mencapai 400 an, dengan traffic web yang sangat tinggi. 
Berikutnya kita menuju ke The Largest Indonesian Community, kaskus.us yang pada dasarnya adalah sebuah forum yang mengangkat topik apa saja dari anggotanya. Berkembang besar dan sebuah thread diberi perhatian khusus yaitu thread jual beli. Cukup menarik karena para user dituuntut harus paham betul dalam strategi dalam menjual dan membeli. Karena ini konsepnya forum, maka jika ada penjual yang "nakal" maka akan di blacklist dan reputasi dia akan buruk, sehingga tidak dipercaya lagi untuk bisa berjualan di thread jual beli kaskus. Model e-commerce seperti ini adalah C2C (costumer to costumer).
Hampir mirip dengan amazon, pola perdagangan online yang ditawarkan oleh tokopedia.com yang hadir sejak kurang lebih 1tahun yang lalu (tahun 2009), memberikan arah yang terang bagi perkembangan e-commerce di Indonesia. Banyak orang masih skeptis untuk belanja secara online karena keamanan nya masih diragukan, tapi tokopedia menjawab leraguan itu. Dengan menganut pola yang sama dengan amazon.com, model transaksi yang dilakukan dengan escrow account, jadi ada account terpisah yang dikelola oleh tokopedia dan menjadi jembatan antara penjual dan pembeli. Sehingga mengurangi penipuan yang akan terjadi. 
Semua orang bisa buat toko online gratis, belanja gak belanja yang penting kumpul, tag line tersebut yang coba diangkat tokopedia. Kehadiran tokopedia yang sahamnya sebagian dimiliki  oleh perusahaan asing dari singapura telah memberi alternatif bagi pedagang untuk meng-online kan produk-produknya lewat tokopedia.com. Tidak sampai satu tahun, sudah ada 5000 lebih anggota dan 660 toko aktif, dengan perputaran transaksi yang cukup tinggi hanya dalam waktu 3 bulan beroperasi, hampir 400 juta uang yang berputar di tokopedia. 
Karena udah siang dan ada jadwal neh, jadi sampai sini dulu ajah ya, belum makan siang juga neh hehehe, nanti disambung ke part 2 nya, ok have a nice day.

0 comments:

Post a Comment

Hai teman, gunakan nama dan URL kamu sehingga bisa saya link back lagi nanti, terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget

List rekomendasi