Wednesday, July 14, 2010

Berkelana ke toko-toko online yang beroperasi di Indonesia (part 2-habis)

Setelah 2 hari gak nulis blog lagi, dan postingan terkahir mengenai toko-toko online di Indonesia, sekarang saatnya untuk memainkan jari-jari manis saya di atas tuts keyboard notebook kesayangan saya, hehehe. Ngomong-ngomong soal e-commerce memang menarik, karena ada sisi unik didalamnya yaitu experience yang "lain" dalam berdagang, bertransaksi, atau berkomunikasi.
 Masih ingat plasa.com ? Pada awalnya adalah sebuah situs yang mengedepankan content berita mirip detik.com, berkembang naik turun pamornya, sekarang merenovasi diri untuk terjun ke dunia e-commerce dengan peluncuran konsep web nya yang baru yang didukung oleh Mojopia dan Telkom Indonesia. Dengan semboyan Indonesia's trusted online store, plasa.com mencoba memantapkan diri sebagai web e-commerce yang terpercaya. Konsep secara umum juga hampir mirip dengan amazon.com , calon user bisa membuka toko di web tersebut dan pola transaksi menggunakan escrow account. Investasi yang cukup besar digelontorkan juga untuk mengembangkan plasa.com ini menjadi sebuah web yang profesional dan terpercaya.

Dilihat namanya saja, sudah memperlihatkan kalau web ini adalah tempat yang pas untuk mengiklankan produk anda. Ya, berniaga.com , dengan konsep yang cukup simple, calon user cukup mengiklankan produk yang akan dijual dan menunggu sekiranya ada respon dari pengunjung yang tertarik dengan produk anda, selanjutnya terserah anda, hehehe. Pihak berniaga.com hanya menyediakan tempat untuk user menjual atau membeli suatu produk, segala bentuk transaksi nya berniaga.com tidak bertanggungjawab, karena itu sudah menjadi urusan penjual dan pembeli, jadi harus ekstra hati-hati dalam bertransaksi. Satu keunggulan yang buat saya tertarik, yaitu web berniaga.com tidak hanya dibuat dalam bahasa Indonesia, tapi juga dalam versi web dengan bahasa prancis, italia, jerman, malaysia, dll. Dengan pola marketing seperti itu, berniaga.com , sudah bukan web lokal saja, tapi mengerti akan kebutuhan yang lebih global. Coba cek deh berniaga.com versi bahasa prancis: leboncoin.fr atau bahasa melayu malaysia: mudah.my. Cukup unik dan berhasil.

Berbasis di denpasar, Bali, Tokobagus.com tampil sebagai media jual beli yang cukup mendapat tempat di dunia e-commerce Indonesia. Calon user dapat beriklan di situs ini, dimana semuanya gratis disediakan fasilitasnya. Proses transaksi juga sama dengan pola yang ditawarkan berniaga.com, penjual dan pembeli melakukan aktivitas trannsaksi setelah terjadi deal masing-masing pihak. 



2 comments:

Setelah baca-baca dari part-1 sampe yang part-2 ini saya cukup simpatik atas perkembangan dunia e-commerce di tanah air. Ini menunjukkan bahwa bangsa kita siap bersaing dengan dunia luar sana dan siap menjadi kompetitor dalam dunia online.

Ide-ide yang dimiliki oleh para pendirinya sangat cemerlang dan mampu mengambil celah bisnis yang bisa diraih.

Btw, gebrakan apa yang akan tampil dengan mengawinkan dua konsep bisnis yang anda sampaikan. Saya jadi penasaran. Aku tunggu deh... ato udah tampil?

@stasiun blog: iya mas memang Indonesia pangsa pasar yang sangat menjanjikan, hanya saja belum banyak yang mengkeskplore nya, untuk ide bisnis yang terakhir , lagi proses pendadaran (kayak skripsi aja) , tunggu kabar nya saja yang pasti insyaAllah gak lama lagi. ditunggu ya :)

Post a Comment

Hai teman, gunakan nama dan URL kamu sehingga bisa saya link back lagi nanti, terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget

List rekomendasi