Monday, July 19, 2010

Masa depan e-commerce adalah social-commerce

Setelah melihat fakta survey yang dilakukan di AS oleh konsultan bisnis terkemuka Hill dan Knowlton, bahwa perkembangan e-commerce/ritel online sangat erat dan tidak bisa lepas dengan satu faktor yang disebut media sosial atau teknologi web 2.0 yang sangat marak berkembang saat ini. Seperti yang pernah saya bahas di artikel sebelumnya, masa depan ekonomi adalah e-commerce, dan kata Hill dan Knowlton, masa depan e-commerce adalah social commerce. 

Apa fakta dari survey tersebut? mari tengok penjelasan singkat dibawah ini.

Sebanyak 83% dari responden, belanja online karena terpengaruh pengalaman sebelumnya. Pengalaman ini dibagi lagi menjadi pengalaman anggota keluarga (48%), pengalaman dari teman (44%), pengalaman dari iklan website yang bersangkutan (43%).

Bagi kalangan muda, belanja onlinedipengaruhi oleh apa yang disebut "word of mouth 2.0" atau getok tular dari website social. Untuk remaja pria pengaruh terbesar datang dari komunitas online atau blog (27%), dan remaja perempuan pengaruhnya sebesar 19%.


Pengaruh media tradisional juga masih sangat besar. Sebesar 19% dari responden terpengaruh dari artikel koran dan 12% responden terpengaruh dari media radio atau televisi.
Kecenderungan social commerce adalah terlihat banyak sekali yang terpengaruh oleh apa yang disebut "word of mouth 2.0", tidak hanya di media nyata juga sistem getok tular ini berlaku dan efektif, ternyata lewat dunia maya pun sistem getok tular yang sederhana tapi tidak bisa disepelekan, bisa sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan bisnis online anda. Siap untuk ber getok tular ria?hehehe...
Dan sebentar lagi konsep social-commerce akan terwujud oleh sebuah website yang akan luncur tahun ini, apa dan bagaimana website itu??tetap tongkrongin blog saya ya, keep spirit and have a nice day. (diambil dari beberapa sumber)

0 comments:

Post a Comment

Hai teman, gunakan nama dan URL kamu sehingga bisa saya link back lagi nanti, terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget

List rekomendasi