Wednesday, July 28, 2010

Masuk supermarket, tapi gak nyadar kalo udah ganti nama..hahahaha

Pengalaman lucu ketika saya pergi survey barang di sebuah toko besar sekelas hypermart di jogja kawasan maguwo. Setelah lama sekali tidak menjamah itu supermarket, tidak terjadi banyak perubahan sampai cukup lama berkeliling diantara gondola gondola besar menjulang sampai langit langit atap (parno juga neh tiba-tiba kalo ada yang ambruk), sampai keluar dari kasir dan masuk mobil. Merogoh karcis parkir dan sempat melihat beberapa tulisan yang tertera di karcis itu, tidak ada yang curiga juga, hanya saja melihat nama seperti merek permen karet, mungkin sponsor, saya pikir,hehehe.
Setelah keluar dan sampai di rumah, langkah kaki saya tertuju pada meja yang diatasnya ada notebook mungil (kayaknya emang udah mungil ya). Buka lalu klik www.google.com, dan rasa ingin tahu lebih dalam tentang toko besar itu. saya inputlah nama "MAKRO" (kebetulan toko besar yang saya tau itu adalah "MAKRO"). Baca deh artikel terkait, sempet kaget dan shock (lebay.com hehe) ternyata MAKRO  yang sudah saya ketahui sebelumnya itu sudah diakuisi oleh LOTTE MART, perusahaan retail asal korea selatan. MAKRO sendiri adalah perusahaan joint Indonesia-Belanda. Wahahahaha....ne tadi yang error saya karena tidak memperhatikan kanan kiri atau pihak LOTTEE MART yang mengedit toko besar nya seakan toko tersebut tidak terjadi pergantian kepemilikan, sehingga konsumen seperti saya yang sering menyambangi hypermart , sampai gak tau kalo itu toko besar udah ganti nama alias merek. hahahahaha, kacau neh dunia persilatan :)
Makro yang telah diakusi Lotte Grup
Tapi dibalik itu semua, cukup unik menurut saya, akuisi toko besar ini dari "MAKRO" ke pihak "LOTTE MART" (masih ada hubungan nya sama merek permen karet itu gak seh??), terlepas dari tidak sadarnya saya masuk ke toko yang udah ganti manajemen ini (hahahaha masih gak abis pikir mpe skrg), dari fenomena makin merebaknya dan kesempatan untuk membuka serta meraih untung banyak dari usaha ritel baik skala minimarket sampai skala hypermart di Indonesia, masih banyak juga yang jatuh bangun, akhirnya berhenti di akuisi oleh perusahaan swasta asing. 
MAKRO merupakan perusahaan joint Indonesia dan Belanda yang sudah memiliki cabang yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. MAKRO pada masa beroperasinya tidak mau disebut sebagi hypermart, karena mereka tidak hanya fokus pada end user consumer tapi fokus menggarap reseller, food transformer, service provider dan institusi, sehingga konsumen nya dari pembeli biasa sampai pedagang, pemilik katering , hotel, dll. Tapi karena ketatnya persaingan atau mungkin memang ingin melepas MAKRO Indonesia ke tangan LOTTE MART, terjadilah akuisi tersebut. BlackBerry Bold 9700 Phone (AT&T)
Logo LOTTE MART
LOTTE MART sendiri merupakan perusahaan ritel besar asal korea selatan, dan ini kali pertama mereka merambah asia tenggara dan tujuan nay adalah Indonesia, tak ada alasan lain seali memang pasar Indonesia yang sangat besar dan menurut mereka merupakan lahan basah untuk mengembangkan dan mengepakkan sayap kerajaan bisnis LOTTE MART. Investasi yang dikeluarkan sebanyak 1 trilliun won atau sekitar US$860 juta untuk mengakuisi MAKRO. Tujuan akhir adalah menjadi peritel nomor satu di Indonesia dan ASIA. Pihak LOTTE MART memang memfokuskan untuk merubah image menjadi hypermart. Akan membuka gerai gerai baru sampai tahun 2013 sejamlah 45 gerai tersebar di seluruh kota di Indonesia. Nah, jadi gak penasaran lagi, coba aja belanja di LOTTE MART terdekat di kota anda (malah jadi promosi, hehehe).

nb: masih sempet ketawa kecil sampai mengakhiri tulisan ini, karena masih gak nyadar kalo Makro udah ganti merek ke Lotte Mart, hahahaha.
Kapan ya minimarket saya ganti merek sendiri hehehe, masih nyantol sama OMI neh. tunggu 4 tahun lagi (karena kontraknya juga udah abis 4 tahun lagi hahaha)

3 comments:

wah...berarti baleho nya kurang besar itu,sampai sampai tidak tahu kalo namanya dah diganti

aku udah tau sejak berganti nama coz kita (panasonic)adalah salah satu suppliernya ehehe...tapi asli baru ngeh ttg makro tu siapa yg punya, lotte mart tuh merk darimana ya setelah baca artikel ini hahaha btw thanks infonya ya
regards,
alimin

@software retail and alimin: makasih udah berkunjung ke rumah maya ku ini hehehe, iya neh baliho nya emang besar seh cuman karena sama-sama merah warnanya jadi gak terlalu perhatiin banget, iya dari rasa penasaran itu jadi tau asal muasal makro dan lottemart dari mana, hehehe txs all
sering main ya..

Post a Comment

Hai teman, gunakan nama dan URL kamu sehingga bisa saya link back lagi nanti, terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget

List rekomendasi