Friday, July 9, 2010

Apa beda Department Store, Toko diskon, Katalog online, dan Toserba Online

Pola perubahan konsep ritel baik konvensional maupun modern telah memberikan dampak bagi pebisnis ritel lainnya. Begitu juga dampak dapat kita lihat dengan banyaknya pengusaha toko meng-online-kan toko mereka untuk memberikan daya ungkit yang besar bagi produk-produk yang mereka jual.
Permasalahan inti dari ritel mempunyai 4 point yaitu:
1. Mendapatkan product yang tepat
2. Harga yang tepat,
3. Waktu yang tepat,
4. Tempat yang tepat.

Dari kesemua point tersebut mari kita lihat kaitannya dengan 4 pengacau konsep ritel (menurut Joseph L Bower dan Clayton M).
1. Pengacau pertama yaitu Departemen store.
Kita tidak asing lagi dengan nama Departement store, Sogo, matahari dan Ramayanan adalah pemain besar di Indonesia. Konsep Departement store ini sudah berkembang beberapa dekade lalu. Cukup menggebrak pasar pada saat itu dan menjadi trend. Hanya saja sekarang pamor nya sudah meredup seiring berkembangnya jaman, namun massa atau konsumen dari Departement store ini masih ada dan unik sehingga masih bisa eksis di tengah persaingan bisnis yang tinggi di masa sekarang.
Kelebihan Departement store dibanding ritel biasa adalah kecepatan perputaran produk yang ada didalamnya dan mampu menampilkan/mendisplay produk lebih banyak dan variatif dalam satu store mereka.
Departement store rata-rata mencetak keuntungan 40% dalam satu perputaran barang, dan dalam satu tahun terjadi 3 kali masa putaran barang yang dijual. maka dalam setahun keuntungan mencapai 120%.

2. Toko Diskon
   Konsep toko ini sangat digemari konsumen yang suka dengan harga diskon atau barang dengan label "Sale". Dalam setahun perutaran barang bisa sampai 5 kali dan diskon yang diberikan rata-rata 20% an. Konsumen sangat suka dengan pola toko diskon ini karena hampir bahkan semua barang di diskon. Namun si pemilik toko juga harus jeli apa yang diinginkan konsumen, karena konsumen sudah mulai kritis, mereka tidak hanya melihat harga tapi kualitas produk. Terkadang masih banyak juga yang beranggapan lebih baik mahak sedikit dapat barang bagus. Tetapi banyak juga yang beranggapan bahwa bisa dapat murah dengan kualitas baik.
Kindle Wireless Reading Device, Free 3G, 6" Display, White, 3G Works Globally - Latest Generation.
Dari dua konsep toko diatas bila dibandingkan dengan hasil margin dari toko amazon.com , yang dalam sekali putaran memperoleh keuntungan sebanyak 5% dan dalam setahun bisa sampai 25 kali perputaran barang. Ini hampir sebanding dengan margin departemen store ataupun toko diskon.
profil lengkap amazon bisa dilihat disini

3. Pengacau ketiga yaitu Katalog online
   Ini bisa dikatakan sebagai basic toko online, didalamnya terdapat katalog produk yang di jual toko tertentu, informasi diskon,voucher,program hemat belanja terdapat di dalamnya.

4. Pengacau terkahir yaitu Toserba Online
   Pengacau terkahir ini hangat-hangatnya diperbincangkan karena ini masa depan ritel. Sama dengan ketiga konsep ritel sebelumnya, Toserba online mempunyai bentuk pasar yang unik dan terbentuk karena berkembangnya pola gaya hidup generasi internet. Toserba online mewakili 4 point penting tentang ritel yang sudah dijabarkan diatas, yaitu
Product : Toserba Online dapat mendisplay barang yang lebih baik dan tanpa adanya keterbatasan ruangan.
Tempat : Web adalah tempat terbaik dibandingkan toko konvensional.
Harga : Online ritel adalah tempat terbaik untuk konsumen mencari harga yang pas dan fleksibel dengan kantong nya.
Waktu : Dengan adanya toko online, maka anda tak perlu lagi menjaga dan mengawasi penuh toko anda karena buka otomatis selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu. Parktis dan transaksi dapat dilakukan kapanpun.
dan yang terakhir adalah Daya ungkit pasar yang begitu hebat. Online ritel memberikan jawaban atas terbatasnya jarak, karena hanya dengan klik, anda akan menemui solusi dari kebutuhan anda. Tak terbatas jarak, waktu, usia, pasar yang sangat bebas, anytime,anywhere...hehehehe....

Apapun kejadian nya, toko konvensional dan online harus tetap berhubungan satu sama lain. Karena pada kenyataan nya orang yang ingin memenuhi kebutuhan nya dengan cepat akan menuju ke mobilnya daripada menuju ke komputernya. (diambil beberapa dari berbagai sumber).

3 comments:

oh ..
tapi menurut saya transaksi langsung lebih aman .
agak trauma solanya gan.
hehehe

@hilmyinfo: semua ada kekurangan dan kelebihan, tapi kalo menurut aku banyak kelebihan e-commerce, kalo masalah keamanan transaksi itu hanya masalah sistem aja, bisa diperbaiki dan di update, sebenarnya kartu kredit jebol karena transaksi maya itu dikarenakan "nakal" nya petugas admin web tersebut yang mengutak atik pin ,dsb. info yang saya tahu loh, selebihnya proses menuju e commerce yang sempurna, karena kedepan ak lihat seh e-commerce akan menjadi "big thing" yang banyak orang tergantung padanya, ok deh...tetep update aj blog ini akan ada info-info menarik tentang e-commerce, sapa tahu akan mengobati trauma kamu gan...hehehe

ralat komen: pencurian kartu kredit di dunia maya sebenrnya karena "nakal" nya sales kartu kredit yang menghandle kartu kredit sang pelanggan, jadi bukan sistem di web nya, justru untuk menghilangkan kekawatiran, sudah ada teknologi SSL yang sejak 3 tahun an silam sudah dipakai. mungkin kebanyakan orang masih salah ngerti tentang kejahatan transaksi e-commerce.

Post a Comment

Hai teman, gunakan nama dan URL kamu sehingga bisa saya link back lagi nanti, terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget

List rekomendasi