Sunday, May 1, 2011

Inovasi perlu untuk terus maju :Dogster.com

Mayday...mayday...hehehe, selamat bulan mei (gak penting banget seh heheh). Untuk kali ini saya akan memberikan sedikit catatan tentang sebuah perusahaan e-commerce yang terus maju dan bahkan bisa dikatakan hampir bangkrut pada saat itu, hanya dengan men"cerdas"kan website yang mereka kelola.
Dogster yang online tahun 2004, sebuah website yang pada awalnya fokus pada penjualan asesoris mainan binatang peliharaan khususnya anjing, dan makanan nya, tapi berubah 180 derajat menjadi situs bertema jejaring sosial untuk orang-orang yang memelihara binatang kesayangan nya untuk saling berinteraksi dengan pengguna lain. Ini suatu bentuk perubahan yang frontal sekali dan merupakan inovasi yang cukup spektakuler dikarenakan pada saat itu sudah banyak orang yang enggan berbelanja asesoris dan makanan anjing lewat online khususnya di US. Dogster banting stir dengan merubah konsep situsnya menjadi web 2.0 atau lebih beraroma social networking. 
Pada saat itu sebenarnya ada 2 situs yang cukup bersaing, Dogster.com dan Pets.com. Tetapi yang tetap eksis sampai saat ini hanya Dogster.com dengan pendapatan ratusan juta dollar. Dogster pandai membaca pasar dan trend saat itu dan beberapa tahun kedepan. Padahal Dogster.com memulai membuat webnya nyaris tanpa biaya, sedangkan Pets.com dengan modal sampai angka jutaan dollar, tapi justru malah mlempem setelah 9 bulan beroperasi, hanya tetap bertahan dengan tema jual asesoris dan makanan anjing semata.
Ini menunjukkan bahwa dalam memulai atau membuka suatu bisnis atau usaha, justru inovasi dan berstrategi lebih cerdas adalah kunci untuk lebih sukses dalam bersaing. Biaya/modal yang besar bukan jaminan suatu usaha/bisnis akan lebih sukses, dan ini sudah terbukti pada Dogster.com. 

0 comments:

Post a Comment

Hai teman, gunakan nama dan URL kamu sehingga bisa saya link back lagi nanti, terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget

List rekomendasi