Sunday, September 25, 2011

Google wallet, aplikasi smart milik google

      
    Beberapa hari yang lalu, raja search engine dunia, Google meluncurkan aplikasi untuk mendukung transaksi dunia maya yaitu Google wallet. Sebuah "dompet digital" yang digunakan untuk jembatan transaksi para netizen yang akan melakukan transaksi secara online. 
     Layanan ini pertama kali diluncurkan pada 19 september 2011 yang lalu, dan pertama kali ditanam pada ponsel keluaran Samsung Nexus S. Pertama kali yang harus dilakukan adalah memasukkan PIN untuk mengaktifkan cip yang ditanam pada smartphone tersebut. Setelah Chip aktif maka akan aterjadi transmisi antara antena Near Field Communication (NFC) dan Paypass Terminal yang berfungsi sebagai mesin pembaca di kasir sehingga dapat dilakukan pembayaran. 
    Perusahaan mitra yang digaet oleh Google adalah Citibank, Mastercard, dan Sprint serta yang terkahir masuk adalah Visa. Namun bagi pengguna yang tidak mempunyai kartu kredit bisa melakukan pembayaran juga dengan aktifasi prepaid mastercard seperti pembelian pulsa telepon. 
    Kedepan Google akan bekerjasama pada seluruh kartu kredit yang ada di dunia dan tidak hanya bisa tertanam pada Nexus 4G saja namun pada seluruh jenis handphone. 
    Dunia digital akan semakin berkembang dan menjadi bagian dari kehidupan manusia. Beberapa tahun kedepan penggunaan uang kertas sepertinya akan berkurang dan berali ke dompet digital karena lebih aman walaupun uang kertas masih digunakan pada aktivitas-aktivitas tertentu saja. Dan ini sudah terbukti pada negara "hitam" yang bukan termasuk negara maju yaitu Kenya, menunjukkan bahwa mobile payment sudah menajdi gaya hidup bahkan di negara belum berkembang sekalipun, seperti yang saya paparpak pada artikel sebelumnya yaitu pengguna mobile payment justru terbesar ada di Asia. So, siapkah anda pada dunia digital?

0 comments:

Post a Comment

Hai teman, gunakan nama dan URL kamu sehingga bisa saya link back lagi nanti, terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget

List rekomendasi