Friday, September 16, 2011

Konsumen itu ya, gak suka ribet!

Pihak pengelola website e-commerce harus semakin meningkatkan kemudahan untuk membuat nyaman konsumen yang ingin berbelanja onilne. Harus diperhatikan baik baik bahwa konsumen hanya menginginkan mendapatkan barang yang diinginkan dengan cepat dan mudah. Namun kesalahan banyak website e-commerce adalah memperlama "birokrasi" proses dari click minat barang sampai check out. Dengan dalih kemanan dan mendapatkan jalinan informasi personal yang lengkap dari konsumen tapi alih-alih malah membuat konsumen gak betah berlama-lama dan atau malah gak jadi beli barang deh...
Konsumen gak butuh ribet dan gak suka untuk mengisi banyak form, ataupun dengan proses check out yang membutuhkan banyak tahap. Pihak pengelola website bisa memangkas proses tersebut sependek mungkin dan senyaman mungkin konsumen untuk melaluinya. Kalau menurut saya proses check out seperti 1-click nya amazon.com bisa dijadikan contoh solusi yang cukup efektif untuk konsumen. Sangat praktis dan mudah digunakan. Paparan saya di coretan sebelumnya tentang masalah utama website e-commerce bisa menjadi acuan selanjutnya dalam mengoptimalkan website e-commerce.
Kemudahan dalam akses di mobile phone menjadi keuntungan yang bisa dimanfaatkan oleh pihak pengelola website untuk mengembangkan website nya dapat berjalan di smartphone. Karena tak dipungkiri hampir semua orang sekrang mempunyai handphone berlabel "smartphone". Karena kedepan kemungkinan besar uang kertas sudah sangat sedikit dipakai dan kartu kredit debit juga akan berkurang, semua akan beralih ke teknologi payment gateway lewat smartphone, seperti aplikasi pembayaran online yang diluncurkan google beberapa waktu lalu (masih terbatas) atau pemakaian T-Cash yang sudah diterapkan telkomsel di Indonesia. 
Kata kunci disini adalah "Bagaimana memberi kemudahan konsumen dalam bertransaksi online?", pengelola website e-commerce harus paham dan mengerti itu kalau tidak ingin ditinggalkan konsumen karena memberikan ruang "ribet" di website nya :)  

0 comments:

Post a Comment

Hai teman, gunakan nama dan URL kamu sehingga bisa saya link back lagi nanti, terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget

List rekomendasi