Monday, December 5, 2011

Black Friday-ritual belanja ala Amerika

       Belanja merupakan sesuatu yang menyenangkan bagi semua orang khususnya wanita. Di negara Paman Sam sana pada sekitar akhir bulan november tepatnya sehari setalah hari perayaan Thanksgiving, ada suatu ritual belanja yang terjadi pada hari jumat, ya....Black Friday! Kenapa disebut black friday? cukup sederhana saja diartikan bahwa para pengusaha/ pemilik toko menginginkan pada hari jumat tersebut catatan keuangan mereka tidak lagi bertinta merah (minus) pada hari-hari biasanya, namun dapat menjadi bertinta hitam/black (surplus) pada hari ritual belanja besar-besar an ini. Para peritel di Amerika berlomba-lomba menggeber diskon besar untuk produk-produknya. Acara belanja massal ini memang dikhususkan untuk menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru. Biasanya masyarakat Amerika gemar memberikan gift atau hadiah kepada sanak saudara atau kerabat pada saat musim Natal Tahun Baru ini. 
      Lalu apa menariknya? Melihat data statistik yang ada, pada tahun 2011 ini tidak terjadi peningkatan signifikan saat belanja black friday. Lebih dari seperempat anggaran belanja keluarga orang Amerika dilakukan pada musim belanja akhir tahun ini. Pada tahun ini walaupun ekonomi belum pulih benar, konsumen Amerika sepertinya tak sabar lagi berbelanja setelah dipaksa berhemat selama 3 tahun mereka mengalami resesi. 
        Apa yang terjadi pada aktivitas belanja online? Sepertinya memang dunia maya itu tidak terpengaruh oleh dunia nyata. Omset yang dihitung pada ritual belanja setelah Thanksgiving day naik 10-15%. Konsumen lebih memilih online shop karena tidak mau berdesak-desakan di toko, dan harga yang ditawarkan sama bahkan banyak yang lebih murah dibanding belanja offline, biaya pengiriman pun gratis walaupun ada beberapa yang men-charge biaya shipping. Nah, melihat fenomena itu, belanja online atau aktivitas e-commerce tidak terpengaruh terhadap benturan resesi ekonomi, bahkan pada waktu-waktu tertentu pada black friday ini, omset mereka justru naik ketimbang aktivitas belanja offline. Dunia e-commerce memang tidak ada matinya....!

0 comments:

Post a Comment

Hai teman, gunakan nama dan URL kamu sehingga bisa saya link back lagi nanti, terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget

List rekomendasi