Wednesday, January 11, 2012

E-commerce di negara ASEAN : Singapore (part 1)

Mengawali tahun 2012 ini dan menghadapi tahun naga air, saya akan coba berkeliling ASEAN dan melihat seberapa besar perkembangan dan penetrasi e-commerce di masing-masing negara nya. Akan dibagi menjadi beberapa part masing-masing negara.

SINGAPORE....
      Didirikan oleh Sir Stamford Rafles pada tahun 1800 an berkembang menjadi sebuah pelabuhan yang cukup ramai.
      Negara Kecil yang bisa dikelilingi selama satu hari saja ini merupakan negara yang berkembang cukup pesat mulai pada dekade 70 an sampai sekarang. Mulai berkembang menjadi negara modern setelah dipimpin oleh Lee Kuan Yew, menjadi sebuah negara kota perdagangan yang pesat.
    Perkembangan infrastruktur negara diimbangi dengan pendapatan per kapita yang tertinggi di Asia Tenggara. Rakyatnya hidup dinamis dan disiplin, banyak peraturan disana-sini, mereka bisa hidup nyaman karena banyak aturan tersebut. 
    Melihat perdagangan yang pesat dan perkembangan internet yang juga sangat pesat, penetrasi nya mencapai hampir 70% dari jumlah penduduk yang mencapai 3,5 juta lebih menjadi sangat mudah bagi arus informasi dan perkembangan teknologi serta bisnis berbasis internat makin kencang di singapura. Namun jika dibanding dengan Indonesia walaupun dilihat penetrasi internet nya masih dikisaran belasan persen namun jika dibanding jumlah warga nya sudah 50 juta orang sendiri terhubung dengan internet (dailysocial.net). 
      Warga singapore lebih dinamis dalam mengakses internet tidak hanya berjejaring sosial saja seperti yang kebanyakan Indonesia lakukan namun warga singapura juga lebih banyak beraktivitas lewat email, akses berita, serta pesan instan mendominasi sebagai aktivitas rutin warga singapura. 
Jika melihat lebih dalam lagi terhadap perkembangan perdagangan online, tidak secerah perdagangan diatas tanah yang sudah lama lebih maju di singapura, mungkin karena dengan julah penduduk yang hanya 3,5 juta denga penetrasi intenet 80% penduduk. Vendor-vendor e-commerce singapura tidak dapat bergerak lebih leluasa, mungkin kalau saya lihat mereka sudah pada tahap "capek" meladeni pelanggan yang kurang variatif. Akhirnya ada beberapa investor asal singapura yang mencoba berinvestasi di Indonesia dengan menggandeng salahsatu website e-commerce yang baru lahir 2008 an lalu, Tokopedia. 
     Jadi para investor singapura sepertinya lebih memandang ke luar jendela rumah mereka bahwa rumput tetangga memang lebih rimbun dan besar :), Indonesia salahsatu pasar mereka. Cara pandang bisnis e-commerce singapura dengan Indonesia pun akan sangat berbeda, perilaku konsumen singapura mungkin sudah bisa lebih cerdas dan bisa disamakan dengan konsumen Amerika sekalipun. Namun Indonesia sendiri harus pelan-pelan mengedukasi saudara kita untuk mengenal lebih dalam internet dan baru menyuapi mereka dengan e-commerce. 
      Regulasi yang mengatur aktivitas e-commerce di Singapore sudah sangat jelas dan ketat tidak selonggar Indonesia. Yahoo! pun menggunakan singapore sebagai homebase Asia Tenggara nya, ini berarti memang regulasi internet business sangat rapi dan teratur, sehingga Yahoo! pun melirik Singapore. Sgbuyonline adalah salahsatu contoh website e-commerce yang beroperasi di Singapore.(Astawama)

next: Vietnam (part 2)

note : jika ingin menyadur sebagian atau secara keseluruhan bagian artikel ini dipersilahkan namun harap mencantumkan nama saya dan link website saya. Terimakasih

0 comments:

Post a Comment

Hai teman, gunakan nama dan URL kamu sehingga bisa saya link back lagi nanti, terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget

List rekomendasi