Wednesday, July 27, 2011

Kebiasaan orang Kaya?

Senang sekali kalau nulis tentang tema ini :), sebuah inspirasi sederhana yang selalu dilakukan terus menerus oleh banyak orang kaya yang ada sekarang. Contohlah Warren Buffet, seorang miliuner amerika yang bergerak di bidang finansial memiliki kekayaan sebanyak US$ 47 miliar atau sekitar 230 an triliun rupiah dan masih berhemat sampai saat ini. Terbukti dengan kepemilikan rumah pribadinya yang tua dengan harga 283,5 juta rupiah.ckckckck!


Nah lalu apa saja tips nya yang bisa kita ambil contoh dari orang kaya di dunia saat ini.

1. Berhemat
    hemat pangkal kaya, pameo yang kita perlohe dari sejak di bangku SD seharusnya bisa jadi panutan dalam mengelola keuangan kita sehari-hari, berapapun penghasilan kita, berhemat itu dapat dilakukan. Kebiasan ini dilakukan oleh Warren Buffet, tidak pernah foya-foya, cukup nyaman dengan rumah pribadi nya, namun asset kekayaan nya mencapai triliuan rupiah. 

2. Bangkit dari kegagalan
    Kegagalan sebenaranya tidak ada dalam kamus wirausaha, hanya keberhasilan yang tertunda atau kesalahan dalam melangkah yang ada dalam kamus "buruk" wirausaha. Itupun mereka tidak menganggapnya "buruk", hanya pengalaman yang seperti itulah mereka bisa terus berjuang demi mewujudkan cita-cita besar nya. Apapun kondisi terburuk, mereka tidak pernah mengeluh, bahkan itu sebagai cambukan untuk tetap bangkit dan terbang lebih tinggi dari sebelumnya.Ini terjadi pada Steve Jobs yang dipecat dari perusahaan yang dia dirikan sendiri "Apple", dan mencoba untuk mendirikan "Pixar" , perusahaan multimedia hebat yang memproduksi film animasi kelas dunia. Tidak begitu lama Steve Jobs ditarik kembali ke Apple dan menghasilkan produk fenomenal I-pad.

3. Cerdik dalam bertindak
Dalam melakukan sesuatu, ciri khas para wirausahawan kaya adalah cerdik dan cerdas dalam bertindak. Baik itu dalam mengelola keuangan ataupun urusan dengan klien bisnis. Mereka akan sangat "tegas" dengan mengatakan "tidak" jika memang akan merugikan. Tidak serta merta memberikan uangnya pada sanak saudara nya sekalipun jika memang tidak jelas untuk apa. Ataupun sumbangan politik dll. Selalu bisa tegas berunding dengan klien yang memang selalu senang untuk melanggar hukum.

4. Menjaga reputasi
Orang-orang sukses dan kaya selalu menjaga reputasi nya dihadapan siapapun, baik itu klien, investor, bank, bahkan di depan karyawan nya sekalipun. Jika terjadi masalah mereka akan cepat untuk bangkit dan selalu menjadi seorang yang tegar dan cekatan dalam bertindak. 

5. Selalu bersedekah
Konsep ini yang selalu diterapkan oleh banyak pengusaha kaya. Karena pada intinya memberi lebih banyak akan mendapatkan lebih banyak pula. Untuk menstabilkan ekosistem dunia ini, bersedekah perlu dilakukan. Ini yang terjadi pada Bill Gates pendiri microsoft, yang saat ini justru sibuk dalam yayasan funding yang dia dirikan. Di ranah lokal ada pendiri ayam bakar wong solo yang menyedekahkan diatas 25 persen keuntungan nya. Nah, jika ingin kaya pun banyak-banyak lah bersedekah, itu bukan membuang harta tapi menabung dengan bunga yang lebih besar yang dijanjikan oleh Allah SWT. 
Nah kelima point tersebut yang sering dilakukan oleh banyak pengusaha kaya, terinspirasi? DO IT!

insert: Bill gates CEO Microsoft

2 comments:

Saya setuju dengan prinsip hemat dan efisien dalam hal keuangan, tidak konsumtif, dan tidak menghambur-hamburkan uang. Hanya saja untuk sekelas Warren Buffet karena sudah sangat kaya sebaiknya bisa menikmati apa yg ia miliki. Rumah sebaiknya yang layak, harga milyar pun tak apa yang penting bisa menikmati kekayaan.

siap mas, saya jg setuju, namun ya mungkin itulah warren buffet, rumah lama tetap dipertahankan krn ada kenangan tersendiri tapi mungkin sering keliling dunia menikmati kekayaan nya itu..hehehe
anyway salam kenal

Post a Comment

Hai teman, gunakan nama dan URL kamu sehingga bisa saya link back lagi nanti, terimakasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget

List rekomendasi